Terus Berinovasi, Perpustakaan MAN 2 Banjarmasin Raih Akreditasi A

Banjarmasin (MAN 2 Banjarmasin) – Inovasi dan terobosan guna meningkatkan minat warga madrasah untuk mengunjungi perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Banjarmasin membuahkan hasil dengan diraihnya nilai akreditasi dengan predikat A.

Hasil ini diketahui setelah Kepala MAN 2 Banjarmasin menerima Sertifikat Akreditasi yang diserahkan langsung Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan, Hj. Nurliani Dardie, setelah sebelumnya diserahkan Kepala Perpusnas RI, Muhammad Syarif Bando, pada acara Bimtek Pendataan Perpustakan Sekolah SMP/SMA Sederajat yang diselenggarakan Dispersip Kalsel di Hotel Rattan Inn, Senin (02/03/20).

Kepala Perpustakaan MAN 2 Banjarmasin Hj. Fathiah, S.Ag, S.Pd, MM mengungkapkan sejumlah kreativitas, inovasi maupun terobosan dilakukan mengingat perpustakaan merupakan jantung pembelajaran dan sumber belajar.

“Secara fisik perpustakaan diberi warna dan desain lebih menarik, penambahan koleksi buku, penataan ruang agar lebih nyaman, perbaikan fasilitas, serta pemasangan poster inspiratif,” jelasnya.

Ditambahkannya, terobosan tersebut dilakukan guna meningkatkan minat warga madrasah untuk mengunjungi perpustakaan, serta bagian dari program saat akreditasi.

Perpustakaan MAN 2 Banjarmasin mengikuti penilaian akreditasi perpustakaan yang dilakukan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas), November 2019 lalu. Dalam visitasi terkait akkreditasi tersebut, tim penilai dari Perpusnas melakukan penilaian 6 komponen yakni komponen Koleksi, Sarana dan Prasarana, Pelayanan Perpustakaan, Tenaga Perpustakaan, Penyelenggaraan dan Pengelolaan serta komponen Penguat.

“Dari visitasi terkait akreditasi dan hasil penilaian dari Perpusnas, kami sangat bersyukur dan bahagia, akhirnya Perpustakaan MAN 2 Banjarmasin berhasil meraih nilai A,” ujar Fathiah.

“Ke depan insya Allah kita akan mewakili Propinsi di ajang Nasional untuk tingkat SMA sederajat menuju 3 besar Nasional,” pungkasnya.

Sertifikat Akreditasi dikeluarkan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dengan Nomor 00894/LAP.PS/XII.2019 dan berlaku mulai 26 Desember 2019 sampai dengan 26 Desember 2024.

Kepala MAN 2 Banjarmasin Dra. Naimah menyampaikan apresiasi terhadap kinerja pustakawan dan juga penyelenggara perpustakaan. Ia berpesan untuk semakin meningkatkan kinerja dalam melakukan pelayanan terhadap pemustaka.

Menurut Kamad, pencapaian nilai A tersebut juga merupakan prestasi yang perlu disyukuri dan tentunya menjadi penyemangat untuk semakin baik kedepannya. “Teruslah berkreasi dan berimprovisasi sehingga semakin banyak inovasi yang bisa dikembangkan guna mendukung pencapaian visi misi madrasah,” tandas Kamad.

Dikesempatan tersebut, turut dilakukan penyerahan sertifikat akreditasi untuk enam perpustakaan tahun 2019 yakni Perpusda Tabalong, Perpusda Banjar, Perpus SDIT Ukhuwah, Perpus Univ Sari Mulia, Perpus SMPN 7 Banjarmasin dan Perpus SMPN 1 Amuntai Utara.

Penulis : Taufik
Foto : Taufik
Editor / Redaktur : yanti

Perpustakaan MAN 2 Kota Banjarmasin

Perpustakaan MAN 2 Kota Banjarmasin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *